Skip to main content

Kisah Untuk Renungan Anak Muda

Kisah ini berdasarkan kisah seseorang yang tidak sengaja saya mendengarnya dan tidak ada maksud untuk mendapatkan cerita dari beliau, bahkan orang tersebut baru saja saya temui dan bahkan memang baru kebetulan ketemua dalam suatu acara duka, teman kantor yang harus menerima kenyataan anak pertamanya harus dipanggil kerahmatullah.

Sebelum kecerita kisah renungan dan kisah ini sebenernya bukan cerita inspirasi karena memang ini harusnya dijadikan pembelajaran untuk kawula muda. Seblum ini kemarin saya baru saja menjenguk anak dari teman kerja juga yang baru saja sakit terkena penyakit sinusitis yang mana sebuah virus adanya dihidung gejalanya diawali dari pilek yang berkepanjangan dan tidak dikeluarkan atau tersendat di dalam.

Nah hari ini ada berita lagi duka yang mendalam meninggalnya anak yang baru duduk di sekolah menengah atas , rasanya itu mengilukan hati, dewasa ini saya masih harus bersyukur karena masih diberikan kesehatan jasmani dan sedikit rohani yang mana seringkali lupa untuk bersyukur bahwa nikmat itu adalah sementara.

Siang itu langsung ketempat lokasi kebetulan jarak antara rumah duka tidak jauh dengan kantor saya bekerja, walaupun beliau sudah tidak lagi dikantor yang sama tapi saya tapi saya cukup kenal dekat dengan bapak satu itu. Tibalah dirumah duka saya tidak mendapati beliau karena sudah dalam perjalanan ketempat pemakaman dan kami memilih untuk menunggu mungkin sebentar karena dapat kabar juga ada yang bilang begitu.

Nyatanya ditengah siang hari yang terik bisa dibilang siang bolong begitu, saya duduk dibangku hajatan berwarna biru yang khas itu, dipayungi oleh tenda yang juga memayungi jalanan gang perumahan permai, ternyata sayapun jadi tau banyak karyawan pabrik yang juga pernah juga ngontrak rumah dekat dekat perumahan itu juga. Yah ini seakan membuka pandangan dan sepengetahuan saya tentang orang tua.

Satu persatu ada tamu yang datang bersalaman, sesekali saya turut menyalami juga, saya tiwari makan tapi menolak walau perut udah bunyi lirih dan hanya saya yang tau. Lalu ada setengah rombongan yang memilih untuk duluan pulang karena memang agak lama juga kurang lebih sudah setengah jam sampai satu jam kita nunggu belum juga datang. Akhirnya ada bapak bapak yang umurnya sekitar lima puluhan keatas, rambutnya sudah setengah memutih gaya bahasnya sudah mirip dengan orang yang sudah bergelar haji, "allhamdulilah" dengan intonasi bang ocip disinetron terkenal.

Dia sekarang narik angkot, saya tau dari obrolan dia yang pertama kali ketemu dengan menjabat tangan tamu lain sambil menanyakan kegiatanya, "udah dapet 250 tadi" jawabnya singkat, enak yah setengah hari aja udah dapet duit segitu bisa dibayangin duitnya sebulan, yah cukuplah buat anak bini mah. Lambat laun dia mulai menceritkan tentang dirinya, yang berawal dari dia pernah sakit dan koma selama kurang lebih satu bulan, karena sakit kanker kelenjar getah bening.

Sakit itu dia derita karena ia dulu sering mabuk mabukan (meminum minuman keras, sejenis alkohol) untuk merek semacam mensen ia sebutkan juga, itu tigak botol dalam sekali teguk ucapnya enteng, ia begitu lancar menceritakan kisahnya yang berlanjut, saya dan teman saya (sudah bapak bapak dua anak) kebetulan hanya kami yang paling dekat dengan beliau duduknya, sedangkan dua kawan lagi aga jauh beda dua kursi tapi turur mendengarkan. 

Tentu saja saya sedikit sedikit nanya juga dengan rasa penasaran tapi yah jadi kepo juga sebenernya, pengen tau juga kenapa orang suka dengan minum minuman keras awalnya bagaimana dan kenapa bisa kenal dengan barang yang sudah dijelaskan dalam kitabullah itu adalah barang haram dan harus dijauhkan. Jadi awalnya si bapak ini dari umur delapan belas tahun saja sudah merampok toko emas, hah..? sedikit kaget saya mendengarnya, kenapa? spontan bertanya, "pengen ke bali " ucapnya, jadi dia awalnya karena pengen ke bali jalan jalan, cerita sama temannya, diapun diajak untuk merampok toko emas, waktu itu hari jum'at katanya bercerita bawa palu dan peralatan. Jadi toko lagi sepi,  orang sholat jum'at pintunya gak dikunci cuma ada istrinya yang jaga.

Tapi disini ia tidak menceritakan bagaimana kesulitan untuk merampok hancurkan kaca ambil emas dan kabur, begitu mudahnya, ia pun harus berurusan dengan polisi dan kabur kesana kemari bahkan sampe keluar kota dari ke palembang, sampe ke padang sampai satu tahun lamanya beliau kabur menghindari kejaran polisi, dan iapun selamat bersama temannya.Ia kembali bercerita.

" Dulu saya itu kerjanya enak, dapat duit puluhan juta, mainnya dibandara, saya sampe jual tanah yang dulu beli cuma tiga ratus ribu saya jual satu miiliar lebih cuma buat berobat. Sebelum sakit saya suka pakai narkoba dan jual, saya juga udah jadi kaki tangan untuk selundupin barang barang itu, yang namanya minuman sama narkoba itu udah sepaket dan udah pasti gampang buat main wanita, karena kalo udah kenal narkoba pasti yang namanya cewe cewe begituan udah dateng sendiri. Aduh...itu cewe yang namanya dari arab, cina, dari inggris, sama aja, sama ajah,,,

Sekarang mah udahlah bolak balik masjid aja..hidup kaya gitu mah gak ada berkahnya, duit banyak juga pengennya hura hura, dulu mah boro boro mikirin anak istri kalo udah diluar mah ya udah menikmati aja. Tapi sekarang mah kasian saya, kasian sama anak istri, udah cape dikejar kejar sama polisi. 

Udah pensiun jadi pemake sekarang mah pengen bolak balik ke mesjid aja."

Begitulah kisahnya mantan pemakai narkoba dan minum minuman keras, mungkin titik baliknya adalah ia sakit dan dirawat lama karena koma, dan mungkin juga Allah masih memberikan kesempatan hidupnya lebih lama agar bisa memberikan kisahnya dan mungkin saat ini sampai kepada telinga saya saat ini. 

Dan insyallah saya bisa menerimanya dan dijadikan pembelajaran kisah hidup ini sebagai kisah untuk renungan anak muda yang lain, kalau mau bener yah kudu dijalan yang bener, masih untung si bapak itu masih sehat diusianya yang sudah setengah abad, dan masih bisa memberikan nafkah untuk anak istri dengan rejeki yang halal, biarpun penghasilannya sekarang tidak sebesar yang dulu yang mungkin tidak halal.

dalam genksukasuka


Comments

Popular posts from this blog

Cara Mendapatkan User ID Klick BCA Yang Lupa

genksukasuka.com - Kalo lupa mah pasti enggak inget bener gak? yah mau gimana lagi namanya juga lupa mau diapain lagi kecuali dapet ilham lagi terus bisa mengembalikan ingatan yang telah lalu.
Ngomongin lupa saya punya pengalaman nih saat lupa sama user id di klick BCA maklum baru punya tabungan BCA nih baru banget belum lama bikinnya itu juga boleh menang lotre (hehe bcanda) bisa bikin tabungan baru di ATM BCA, dengan harapan bisa nabung lebih banyak lagi biar bisa blei rumah mewah seperti perumahan jakarta selatan lah paling banter :D.
Kurang lebih ada satu minggu kebelakang udah ngaktifin e-banking bahasa keren dari internet banking yang bisa ngeliat saldo, transaksi dan lain-lain hanya dengan menggunakan akses dari internet, untuk itu e-banking kudu diaktiifn dulu melalui bank terkait.
Yah emang sih jaman sekarang mah udah serba internet kita tinggal ngejedog di depan komputer doang juga udah bisa manggil makanan, belanja, ngirim uang tapi gak bisa ngambil uang sih hehe. yah pokon…

Pantangan Makanan Untuk Pasien Patah Tulang

genksukasuka.com - Cerita Pantangan Makanan Untuk Pasien Patah Tulang kali ini adalah cerita pertama saya yang mengalami cidera parah sampe harus dilarikan ke spesialis patah tulang. bersyukur saya masih ada BPJS dan dari kantor mau membantu untuk mencarikan tempat pengobatan patah tulang, memang parah kali ini cidera yang saya alami sejak main bola seumur umur baru kali ini ngrasain patah tulang.

Patahnya sih gak dibagian tengah pada tulang itu sendiri tapi jika dispesifikin sih, patahnya ada dibagian tulang kerongkong depan dan dibagian sambungan itu yang seperti lepas, kalau diibaratkan tulang atau tempurung didengkul yang pecah begitu mungkin yah, tapi beda posisi tulang saja.

Jadi pantangan makanan saat sakit patah tulang yang saya alami adalah memang hal baru pertama kali saya alami ketika patah tulang kejadiah di bulan ahir april lalu beberapa hari lagi udah gajian, dan menjelang mau memulai bulan baru untuk memulai aktifitas kerja lagi.

Saya malah sakti dan patah tulang, selam…

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Tab 2 Gak Bisa Booting/Hang

genksukasuka - Pentingnya memahami kata kunci atau keyword didalam mencari informasi yang kita butuhkan, contohnya nih kayak saya yang kebingungan nyari cara buat mengatasi samsung galaxy tab 2.0.7 inci, yang tiba-tiba gak bisa booting ke halaman home kalo di komputer itu yah sama gak bisa masuk windows gitu deh, jadi keadaanya itu restart lagi dan lagi.
Jadi dalam kasus ini sih agak ngebingungin juga karena gak ada hal yang mencurigakan yang menyebabkan boot loap gitu alias crash firmware dari android itu sendiri, bahasa kitenya mah error aja dah.



Tapi selama pake samsung galaxy tab 2baru kali ini dapet trouble hang gini, udah lama gak ngoprek handphone android yang gampang bisa copot batre tapi sekarang bingung mau cabut batre di galaxy tab itu ngeri banget karena gak ada ceklikanya, tapi emang bisa kalo mau buka tab 2 itu ada dibagian cargeran disitu letak kuncianya, tapi ati-ati kalo belum pernah coba.
Keyword yang mengantarkan saya untuk mencari masalah tab yang satu ini ada dua